Masalah AC di Rumah yang Sering Terjadi

Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan kini menjadi kebutuhan penting rumah tangga kelompok kelas menengah. AC bukan hanya dipasang di kamar tidur, tapi juga ruangan lain seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Demi kenyamanan dan semakin panasnya udara menjadi alasan masyarakat kelas menengah membutuhkan AC. Namun semua kenyamanan tersebut bisa terganggu ketika muncul masalah AC di rumah Anda. Pemakaian yang terus-menerus dan tidak cermatnya perawatan alat elektronik tersebut bisa menjadi penyebab AC mengalami gangguan.


Berikut ini adalah dapat kami rangkum masalah atau gangguan yang sering terjadi pada AC di rumah Anda, seperti dikutip dari berbagai sumber:

  1. Salah Mengatur Suhu
    Ada berbagai sebab terjadinya masalah AC di rumah sehingga unit pendingin ruangan di rumah terasa tidak dingin. Hal paling mudah dilihat indikasinya yaitu pada pengontrolan suhu di remote AC. Usahakan Anda sudah mengatur suhu AC sesuai dengan situasi yang ada. Jika memang suhu udara tengah panas, Anda bisa menurunkan suhu sehingga AC akan semakin dingin.
cara merawat ac dirumah
  1. Filter Kotor
    AC juga akan berasa tidak dingin ketika filter atau saringan AC kotor. Filter yang kotor membatasi aliran udara ke unit AC sehingga menurunkan kemampuannya mendinginkan udara. Jika Anda sudah lama tidak membersihkan filter AC, sebaiknya lakukan segera. Seharusnya filter dibersihkan setidaknya satu bulan sekali. Apalagi jika unit AC yang berada di rumah digunakan terus-menerus tanpa berhenti maka akan menyebabkan masalah AC di rumah Anda.

 

  1. AC Bocor
    Perawatan yang tidak baik bisa menyebabkan masalah AC di rumah yakni AC Anda mengalami kebocoran. Indikasi mudahnya yaitu ada air yang menetes dari AC. AC yang bocor pada umumnya disebabkan oleh saluran pembuangan AC yang terhambat sehingga aliran airnya tidak lancar. Ketika air AC menuju ke bak penampungan, karena tidak lancarnya saluran pembuangan ini, menyebabkan air menjadi terhambat sehingga menetes ke luar.

 

  1. AC Berisik
    Masalah AC di rumah yang lain dapat terjadi pada pendingin ruangan di rumah Anda adalah munculnya suara berisik dari AC. Seharusnya AC yang dalam keadaan baik, tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan. Namun jika AC di rumah terdengar mengeluarkan suara, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Suara berisik yang ditimbulkan oleh AC dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari ada sekrup atau baut yang kendur, dudukan penyangga AC tidak diletakkan di tempat yang rata, hingga masalah kompresor.

 

  1. AC Tiba-tiba Mati dan Hidup
    Pernahkah AC di rumah Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan udara yang dingin, padahal masih dalam keadaan ON atau menyala? Ketika masalah AC di rumah ini terjadi, unit AC biasanya akan segera mati dalam beberapa waktu, kemudian hidup atau mengeluarkan udara dingin kembali. Kondisi ini tentu saja akan membuat susana tidak nyaman karena saat AC mati, udara ruangan terasa panas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *