Cara Merawat Furnitur Kayu Agar Tidak Mudah Keropos

Beberapa dari kita mungkin menyukai sesuatu yang bernuansa vintage termasuk dalam urusan memilih perabotan rumah. Furniture kayu tentu dapat menjadi suatu pilihan yang tepat untuk menghadirkan sentuhan vintage atau rustic. Namun ketika berencana menghias rumah dengan furniture kayu, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui cara dalam merawatnya agar tidak mudah retak, warna memudar, atau cepat kotor. Berikut cara merawat furnitur kayu agar tetap bagus dan tahan lama.

1. Jangan Terkena Panas Secara Langsung
Furniture kayu memiliki kandungan kelembaban di dalamnya. Oleh karena itu hindari terkena panas secara langsung karena bisa menyebabkan furniture kayu menjadi retak-retak. Jangan meletakkan furnitur kayu di pekarangan rumah karena dapat terkena sinar matahari tanpa ada penghalangnya. Warna kayu juga bisa memudar bila sering terkena cahaya matahari. Ada baiknya Anda tidak meletakan kursi atau meja kayu dekat dengan area kompor atau perapian.

2. Tidak Direndam Air
Langkah selanjutnya dalam merawat furnitur kayu yaitu, hindari untuk merendam furniture dari kayu di dalam air. Tidak pula langsung mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan furniture. Untuk membersihkanya, sebaiknya dengan air hangat dan gunakan spons untuk mencucinya. Sedikit berikan sabun atau cairan pembersih khusus perabotan kayu ke dalam air untuk membersihkannya. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikat sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh spons. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.

3. Selalu Gunakan Tatakan Gelas dan Piring
Untuk meminimalisir merawat furnitur kayu terutama meja kayu agar selalu baik dan awet sebaiknya Anda menggunakan tatakan gelas dan piring ketika menyajikan makanan di atasnya. Bila tidak, akan berisiko meninggalkan noda basah atau panas yang langsung pada permukaan meja.

4. Sering Dibersihkan
Banyak pemilik rumah yang malas merawat furnitur kayu yang menjadi perabotannya. Hal itu bisa menyebabkan kursi, meja, atau lemari kayu menjadi kotor dan berdebu. Anda harus rutin membersihkan furniture kayu. Setelah dilakukan proses pembersihkan meja, Anda jangan lupa untuk melapisinya dengan sarung atau taplak meja.

5. Manfaatkan Semir Sepatu
Manfaatkan semir sepatu untuk menyembunyikan retak-retak pada furniture yang sudah lama. Perlu diingat juga untuk memilih warna semir kayu yang sama seperti permukaan furniture Anda agar lebih menyatu. Ketika musim hujan tiba, sebaiknya furnitur kayu dimasukan ke dalam rumah agar tidak terkena siraman air hujan langsung yang bisa menyebakan kayu menjadi lembab.

Mudah bukan tips untuk merawat furnitur kayu?

Asalkan adan rajin dan telaten pasti furniture kayu kesayangan anda akan selalu terlihat cantik dan bersih.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *