Panduan Dekorasi Kamar Anak Sesuai Perkembangan Usianya

Sedang merencanakan dekorasi kamar anak Anda? Perlu diperhatikan bukan hanya mengutamakan keamanan dan kenyamanan perabotan didalam kamar tidur anak anda, namun juga coba juga untuk memperhatikan faktor pemilihan warnanya. Pemilihan dan penataan Interior didalam kamar tidur anakpun dianjurkan berkembang sesuai dengan usia anak sehingga mendukung pertumbuhannya. Berikut adalah saran penataan kamar anak menurut para ahli dari Dr Sears Wellness Institute:

0-3 Bulan
Menurut penelitian, di awal tahap kehidupan, bayi hanya bisa melihat warna hitam, putih, dan abu-abu saja. Untuk mengimbangi hal itu, dianjurkan agar para orangtua menata dan mendekorasi perabotan kamar bayi yang baru lahir dengan nuansa monokrom. Pada akhirnya, diharapkan agar anak mendapatkan stimulasi visual yang terbaik yang akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan otaknya dengan rangsangan melalui penataan dekorasi kamar anak yang tepat.

3-6 Bulan
Menginjak usia tiga bulan, bayi baru akan mulai bisa untuk mengenali warna-warna lainnya. Oleh karenanya, Anda boleh membawa bereksperimen dengan membawa sentuhan warna terang ke dalam ruangan demi melanjutkan perkembangannya. Jika awalanya Anda memang telah memulai menata dan mendekorasi kamar tidur anak dengan nuansa monokrom, maka untuk menyesuaikannya dengan warna lain tentu tidak akan sulit.

6-12 Bulan
Pada fase perkembangan ini, penglihatan bayi sudah berkembang dengan sempurna terutama pada usia enam sampai delapan bulan. waktu tersebut sebaiknya Anda jadikan kesempatan untuk memulai mengenalkan warna-warna lain yang lebih kompleks dalam menata dekorasi kamar anak Anda. Tidak perlu repot untuk merubah warna didalam kamar secara keseluruhan, Anda bisa melakukannya dengan menambah mainan, buku, atau furnitur dengan warna-warna yang belum ada. Namun hindari pula terlalu berlebihan dalam menambah barang agar bayi tetap nyaman.

1-2 Tahun
Di umur satu hingga dua tahun umumnya anak sudah mulai belajar bicara dan bisa membedakan warna-warna. Di saat itu lah, Anda dapat menambahkan lebih banyak warna baik pada dinding atau tempat tidur. Hal tersebut baik dilakukan untuk menstimulasi kognitif anak.

3-4 Tahun
Memasuki usia 3 tahun keatas, si kecil secara normal sudah dapat mengetahui nama-nama warna. Untuk lebih mengembangkan kemampuan rekognisinya, Anda bisa menambah mainan atau perabotan dengan warna-warna menarik didalam menata dekorasi kamar anak Anda. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi, Anda juga dapat menggantungkan poster di dinding dengan gambar angka, buah, atau binatang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *