Ini Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Rumah

Banyak wanita yang memanfaatkan akhir pekan untuk merawat rumah supaya tampak lebih rapi dan tidak berdebu. Namun Beberapa di antaranya tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil ketika melakukannya, yang penting cepat bersih. Jika anda sering melakukan proses pembersihan dengan proses yang salah, maka akandapat mempercepat terjadinya kerusakan barang-barang di rumah. Berikut lima hal yang penting diperhatikan saat melakukan proses pembersihan rumah.

1. Membersihkan Jendela Saat Cuaca Panas

Membersihkan jendela saat cuaca sedang terik di siang hari juga harus dihindari. “sinar Panas matahari langsung dapat menyebabkan kaca cepat kering saat dibersihkan sehingga meninggalkan noda goresan pada kaca,” tutur Liz Trotter, owner American Maid Cleaning di Olympia, Washington.

Memebersihkan kaca sebaiknya dilakukan saat cuaca berawan dan tidak terlalu panas. Tuangkan sabun khusus kaca jendela ke permukaan kaca, diamkanselama satu menit. Kemudian gosok perlahan-lahan menggunakan spons khusus anti lengket. Hindari memakai spons kasar yang dapat menciptakan kaca lecet.

 

2. Tak Lupa Meletakkan Boks di Setiap Ruangan

Agar tidak mudah berantakan pulang sesudah dibereskan, tidak lupa untuk menanam boks di setiap ruangan. Wadah tersebut untuk membantu Anda meletakan perabotan yang berserakan supaya kelihatan rapi, apalagi bila telah memiliki anak. Seringkali anak membiarkan mainannya berserakan setelah dimainkan. Kehadiran keranjang atau box itu dapat mempermudah Anda untuk menyimpan semua mainan si kecil.

Ada kalanya kita perlu menambahkan beberapa jenis kotak warna-warni atau boks yang juga bisa berfungsi sebagai kursi untuk diletakkan di kamar dan ruang tamu. Anda dapat juga menambahkan beberapa kotak kecil di kamar mandi serta dapur sebagai temapat penyimpanan agar barang-barang selalu rapi.

3. Pemakaian Spons

Apakah anda tahu bila pemakaian spons yang tidak tepat bisa mempercepat rusaknya barang? Oleh sebab itu, perhatikan pemakaiannya. Spons berwarna kuning untuk menggosok barang yang mudah lecet. Sementara lapisan yang hijau jangan digunakam untuk benda-benda seperti plastik, keramik, atau barang yang mudah baret lainnya. Lapisan tersebut khusus dipergunakan untuk menggosok permukaan yang kasar seperti bawah panci atau peralatan panggangan.

Bila spons yang dipergunakan untuk mencuci bak mandi atau benda dengan permukaan halus lainnya yang memiliki permukaan halus bisa membuat barang-barang tersebut mudah rusak dan lecet.

4. Salah Membersihkan Karpet

Saat minuman seperti sirup atau soft drink tumpah ke karpet, wanita biasanya langsung membersihkannya dengan cara menggosok tumpahan tersebut. Cara ini diusahakan untuk dihindari karena dapat merusak bulu pada karpet serta meninggalkan bekas noda yang sulit untuk dihilangkan.

Cara efisien membersihkannya dengan mengambil sendok dan mengusungtumpukan air yang tumpah ke dalam gelas kotor. Kemudian ambil lap berbahan handuk, letakkan di atas tumpahan hingga air menyerap ke dalam kain. Tekan handuk agar air cepat meresap, Setelah itu gunakan produk khusus pembersih karpet dan bersihkan dengan kain secara perlahan. Pastikan produk tersebut tidak akan memudarkan warna karpet Anda.

5. Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi biasanya salah satu tempat yang tidak terlalu Anda sukai untuk menggarap aksi bersih-bersih. Namun sebenarnya tempat inidi antara yang harus jadi prioritas Anda. Membersihkan kamar mandi tidak harusdilakukan berjam-jam.”Untuk membersihkan kamar mandi, langkah tercepat untuk meminimalkan pekerjaan Anda ialah dengan membersihkan toilet,¬†kemudian¬†menyemprotkan cairan disinfektan ke semua area lantai.

Dengan terlebih dulu menyemprotkan cairan disinfektan untuk beberapa waktu, agar cairan itu dapat bekerja sendiri terlebih dahulu, hingga dapat meminimalisir tenaga Anda saat menyikat,” ujar Sarah Welch, pendiri situs pengorganisasian, Buttoned Up sepertindikutip dari She Knows.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *