Cara Menyejukkan Ruangan Selain Menggunakan AC dan Kipas Angin

Memakai air conditioner (AC) atau kipas angin saat ini masih menjadi cara yang paling efektif untuk menyejukkan ruangan di tengah cuaca panas. Penggunaan mesin pendingin udara ternyata bukan satu-satunya solusi untuk ‘mengusir’ hawa panas.

Lewat penataan ruangan, Anda bisa membuat rumah terasa lebih sejuk secara alami. Ini beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan, seperti dikutip dari India Times.

1. Jendela

Jendela Dengan Bukaan Yang Baik

Jika rumah Anda memiliki cukup banyak jendela, maka ada baiknya melapisi permukaan kaca dengan bahan pelapis yang memantulkan cahaya. Pelapis jenis ini akan mengurangi paparan sinar matahari masuk ke dalam yang akan membuat ruangan panas. Sebab, sekitar 40 persen hawa panas mengalir lewat jendela yang berpengaruh terhadap proses menyejukan ruangan.

Sebagai tambahan agar ruangan terasa sejuk, buka jendela lebar-lebar di pagi hari saat udara masih sejuk dan bersih. Setelah pukul 09.00, Anda bisa menutup jendela dan membukanya kembali di sore hari.

Baca juga : Cara Menghias Kamar Tidur Yang Bikin Suasana Semakin Nyaman

 

2. Dinding

Warna Cat Dinding Yang Menyejukan

Warna dinding memang tidak memberikan pengaruh secara signifikan tuntuk menyejukan ruangan. Tapi bisa meminimalisir hawa panas yang masuk dari luar. Cat dengan warna-warna terang seperti putih, baby blue, abu-abu muda atau dusty green bisa menjadi pilihan. Warna terang bersifat memantulkan spektrum cahaya sehingga efek yang dirasakan lebih sejuk.

3. Tanaman Hidup

Contoh Tanaman Hidup

Cara alami lainnya yang bisa menyejukkan ruangan adalah menempatkan tanaman hidup yang bisa meningkatkan aliran oksigen ke dalam ruangan. Tanaman di dalam pot yang ditempatkan secara strategis di beberapa sudut rumah, dan dijaga tetap basah serta disiram setiap hari bisa mengurangi panas pada ruangan.

Selain tanaman dalam pot, tanaman rambat juga bisa menyerap radiasi solar dan melepaskan uap air, menghasilkan hawa sejuk yang menyamankan. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sedikit lahan untuk ditanami tumbuhan hijau yang berdaun gelap karena efek menyerap sinar matahari lebih optimal. Jangan lupa selalu siram dan rawat dengan baik, agar tumbuh subur dan menjadi ‘pelindung’ Anda dari hawa panas yang membuat rumah tidak nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *