Tips Memilih Kontraktor untuk Membangun Rumah

Membangun hunian idaman untuk keluarga, pastinya perlu perencanaan yang baik. Rumah dibangun dengan mempersiapkan banyak hal. Salah satu yang sekarang banyak dilakukan adalah mencari kontraktor.

Tips memilih kontraktor yang profesional diperlukan untuk membantu Anda memastikan pembangunan rumah berjalan dengan lancar. Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa kontraktor untuk pembangunan rumah. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya dilakukan saat Anda hendak memilih jasa kontraktor.

Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah

  1. Mencari informasi dari Kontraktor

Sebelum menggunakan jasa kontraktor, tentu Anda harus mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencari informasi kontraktor dan melihat proyek-proyek yang sebelumnya pernah ditangani oleh kontraktor tersebut. Tips memilih kontraktor yang bagus salah satunya adalah dengan memperbanyak informasi terkait kinerja dari perusahaan tersebut. Anda bisa mengumpulkan informasi dari klien atau orang yang sudah pernah menjalin kerjasama dengan kontraktor tersebut. Minta saran atau testimoni dari klien terdahulu untuk dijadikan bahan pertimbangan. Apabila testimoni dari mereka kebanyakan bagus, maka Anda bisa mengandalkan kontraktor yang sama. Namun jika testimoni kurang bagus, sebaiknya mencari kontraktor pengganti yang lebih bagus.

  1. Mempelajari Layanan yang Diberikan

Setiap perusahaan kontraktor memiliki layanan yang berbeda-beda. Sebagai klien, Anda berhak mendapatkan layanan terbaik dan secara profesional. Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan adalah komunikasi dengan kontraktor. Tips memilih kontraktor yang cukup penting adalah mempertimbangkan cara kontraktor tersebut berkomunikasi dengan Anda. Jika kontraktor profesional, maka akan mudah untuk Anda menghubungi, berkomunikasi, atau berkonsultasi dengan mereka. Namun sebaiknya Anda berpikir ulang, jika kontraktor sulit dihubungi apalagi tidak memiliki kontak yang jelas. Pilih lah kontraktor yang siap melayani Anda selama jam kerja, baik melalui panggilan telephone atau pun bertemu secara langsung. Bukan hanya saat meminta jasa kontraktor, tetapi selama menggunakan jasa mereka maka kontraktor harus bisa dihubungi dengan mudah. Jadi Anda bisa tetap mengawasi pembangunan rumah dengan bantuan kontraktor tersebut.

  1. Pelajari Orang-orang yang Bekerja di Dalamnya

Kontraktor biasa menyediakan pekerja bangunan dan juga seorang mandor atau pengawas. Kontraktor banyak dibutuhkan, terutama untuk orang-orang yang memang sibuk dan tidak bisa setiap saat mengawasi pembangunan. Jika Anda hendak membuat rumah dan berada dalam situasi tersebut, perlu mempelajari beberapa tips memilih kontraktor. Salah satunya adalah dengan mengetahui tenaga kerja yang dilibatkan dalam jasa kontraktor tersebut. Mulai dari pekerja bangunan yang akan melaksanakan pembangunan, hingga mandor yang akan membantu Anda memastikan pembangunan dilaksanakan dengan benar dan lancar. Sebaiknya jangan memilih pekerja yang asal-asalan untuk menangani pembangunan rumah Anda.

  1. Mendiskusikan RAB Bersama

RAB atau rencana anggaran dan biaya merupakan hal paling penting dalam sebuah pembangunan rumah. Tips memilih kontraktor yang bisa diperhatikan adalah cara kontraktor mendiskusikan RAB bersama. Pilih kontraktor yang bersedia diajak berdiskusi untuk menentukan anggaran yang paling baik. Jasa kontraktor umumnya memasang tarif yang berbeda-beda. Sebelum menggunakannya, Anda bisa mempelajari biaya tersebut. Apabila ada biaya yang dirasa terlalu tinggi atau tidak perlu, Anda bisa membahasnya bersama. Diskusikan untuk anggaran yang paling pas dan sesuai dengan budget atau anggaran Anda sendiri. Jadi biaya untuk jasa kontraktor tidak terlalu memberatkan anggaran pembangunan rumah.

  1. Menentukan Deadline

Berbeda dengan pembangunan biasa, untuk pembangunan rumah dengan sistem kontrak memasang deadline. Jasa kontraktor akan bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tips memilih kontraktor adalah dengan menentukan batas waktu proyek selesai dan memastikan kontraktor tersebut bisa menyelesaikan tepat waktu. Apabila ada proyek lain yang sedang dikerjakan atau belum selesai, Anda sebaiknya menggunakan kontraktor lain. Hal tersebut bisa dilakukan, jika memang Anda tidak bisa menunggu. Namun apabila pembangunan rumah Anda bisa ditunda, Anda bisa menunggu kontraktor selesai dengan proyeknya. Setelah itu, kontraktor bisa fokus dengan proyek rumah Anda dan menyelesaikan pembangunan dengan tepat waktu.

  1. Menyediakan Garansi

Garansi pekerjaan kontraktor adalah salah satu layanan yang bisa Anda pertimbangkan. Jasa kontraktor yang profesional tentu bisa memberikan layanan tersebut. Tips memilih kontraktor dengan meminta garansi ini bisa menjadi penjamin, apabila ada kerusakan yang terjadi pada bangunan. Terlebih lagi untuk rumah yang dikerjakan dengan sistem borong, umumnya tidak sebagus yang dikerjakan dengan sistem harian. Pada pengerjaan borong atau kontrak, pembangunan sangat mengutamakan waktu selesai. Hal tersebut bisa membuat pekerja membangun dengan patokan waktu dan mengesampingkan kualitas pekerjaannya. Jika tidak bagus pekerjaannya, akan berpengaruh pada bangunan yang cepat rusak. Meminta garansi pada jasa kontraktor juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang timbul setelah selesai pembangunan. Seperti dinding yang retak atau ada bagian yang kurang plester.

  1. Lebih Aktif

Konsumen tidak bisa hanya membayar jasa kontraktor dan melepaskan tangan begitu saja. Jika Anda menggunakan jasa kontraktor, Anda perlu menjadi konsumen yang lebih aktif. Jangan sepenuhnya mengandalkan pengawasan dari perusahaan tersebut. Tips memilih kontraktor selanjutnya adalah dengan tetap memperhatikan cara kerja semua pihak yang terlibat, termasuk dari pengawas proyek yang sudah Anda percaya. Walaupun tidak bisa setiap hari, Anda sebaiknya sesekali melihat langsung pengerjaan atau pembangunan. Minta informasi dari pengawas proyek terkait pelaksanaan pembangunan. Rumah yang dibangun dengan sistem borongan, mempunyai potensi yang lebih besar dikerjakan dengan asal. Maka dari itu, Anda tetap harus berperan aktif meskipun sudah mempercayakan mandor untuk mengawasi tukang bangunan.

  1. Membuat Surat Perjanjian

Untuk memastikan Anda mendapatkan hak sebagai konsumen, sebaiknya buat surat perjanjian dengan pekerja atau perusahaan kontraktor. Bukti tertulis tersebut sebaiknya mencantumkan jumlah jam kerja dan juga harga yang sudah disepakati bersama. Tips memilih kontraktor yang cukup penting ini bisa dilakukan sebelum memulai kerjasama. Buat perjanjian dengan diberi materai 6 ribu. Perjanjian kerja tersebut sudah berbadan hukum dan bisa dijadikan bukti, apabila ada kecurangan atau hal lain yang merugikan. Surat perjanjian kerja dapat dibuat dua rangkap. Satu lembar untuk Anda sebagai konsumen dan lembar yang lain untuk perusahaan kontraktor. Jadi semua pihak mempunyai surat perjanjian kerja yang berbadan hukum untuk menjamin hak dan kewajibannya terpenuhi.

  1. Mempelajari Pengetahuan Tentang Konstruksi

Tidak ada salahnya untuk Anda memperbanyak wawasan seputar bangunan. Hal tersebut bermanfaat agar Anda bisa mengetahui lebih baik pengetahuan tentang bangunan dan bisa mengerti apakah pekerja bangunan bisa mengerjakan rancangan impian Anda. Seperti yang diketahui bahwa eksterior dan interior rumah dapat dibuat dalam konsep dan tata letak yang berkarakter. Untuk mewujudkan rumah idaman Anda menjadi kenyataan, tidak rugi untuk melibatkan jasa desain dan kontraktor profesional. Pelajari semua tips memilih kontraktor agar Anda mendapatkan apa yang diharapkan dan sesuai haknya sebagai klien. Anda bisa mengajak kontraktor untuk bekerjasama dengan jasa arsitek yang Anda percaya dalam membangun rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *